Rabu, 08 Oktober 2014

Shining Batu

My Home Town
yeah my home town, mBatu. Kota Wisata julukannya, karena banyak sekali tempat pariwisata yang diminati wisatawan untuk mengunjuginya baik wisatawan dalam negeri ataupun luar negeri.
Kali ini aku akan membagi info tentang pariwisata di Kota mBatu ku ini










Agro Kusuma
Kusuma agrowisata terletak di desa Ngaglik, Batu. Agrowisata ini adalah sebuah paket lengkap yang menawarkan sarana belanja, tempat rekreasi keluarga dan keindahan alam dalam satu lokasi.

Saat mengunjungi agrowisata ini, pengunjung akan merasakan satu pengalaman berharga, dimana mereka bisa menikmati hijaunya perkebunan apel, kopi, stroberi, sayur mayur dan bahkan taman bunga.
Di sini pula, pengunjung bisa menyaksikan proses pembuatan kopi, dari mulai pemetikan hingga proses menjadi kopi siap seduh. Selain itu, terdapat fasilitas tambahan seperti trak jogging, trak bersepeda, playground, arena pacu kuda, kebun binatang mini, green house, bar, restaurant, kolam renang, lapangan badminton, lapangan tenis dan voli dan masih banyak lagi.

Jatim Park
Jawa Timur Park atau Jatim Park adalah salah satu obyek wisata di Batu, yang mengemas satu wahana rekreasional dan edukasi untuk keluarga. Selain itu tersedia pula fasilitas pendukung berupa outlet Makanan, Minuman, Pasar Wisata, Pasar Buah, Pasar Sayur dan Galeri Bunga. Jawa Timur Park juga dilengkapi dengan Club Bunga Butik Resort & Pondok Penginapan Jatim Park.



Cangar
Cangar merupakan salah satu nama Dusun di Kelurahan Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Dusun ini menjadi lebih terkenal dengan sebutan Pemandian Air Panas Cangar.

Cangar terletak di dalam kawasan Taman Hutan Raya R. Soeryo dan banyak dikunjungi para wisatawan yang ingin menikmati hangatnya sumber alami air panasnya. Selain itu, di sekitar pemandian air panas terdapat beberapa goa buatan yang merupakan peninggalan di masa kedudukan Jepang, pada tahun 1942-1945.
Tidak hanya bisa menikmati hangatnya air panas di pemandian Cangar dan goa Jepang, di kawasan ini pula para pengunjung bisa mengunjungi Coban Talun dan Coban Rais. Di tambah lagi, akan banyak di jumpai satwa liar yang seperti monyet melompat dan berlarian tanpa akan mengganggu kenyamanan.


Selecta

Selecta, adalah tempat peristirahat yang di bangun sejak jaman Belanda, dan terkenal dengan Selecti. Selecta terletak di desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, 13 Km dari kota Batu.
Terdapat beberapa hal yang bisa dinikmati saat mengunjungi Selecta, seperti kolam renang, taman bunga, pasar sayur dan buah, taman bermain, dan kenyamanan saat pengunjung bisa ber piknik menikmati hamparan lahan penuh bunga. Selain itu terdapat fasilitas pendukung seperti restaurant, hotel dan vila untuk sarana akomodasi pengunjung yang ingin menetap beberapa saat.

Songgoriti



Obyek wisata Songgoriti terletak di lembah Gunung Banyak, tepatnya di desa Songgokerto, batud. Songgoriti sangat layak untuk di kunjungi karena memiliki nuansa alam yang hijau dan alami dan, tentu saja, sejuk dan nyaman.
Selain candi, banyak tempat yang bisa dikunjungi di Songgoriti seperti kolam renang, pemandian air panas dan pasar wisata. Untuk pasar wisata, jangan sampai terlewat untuk mengunjunginya, karena akan banyak dijumpai souvenir khas Malang dan Batu, berikut produk makanan khasnya. Disamping itu, terdapat pula pasar yang menjual tanaman hias khas kota Batu dan pasar Kelinci hias. Di sekeliling obyek, akan banyak di jumpai banyak vila untuk menginap dengan kisaran harga yang sangat terjangkau tapi tetap nyaman untuk di kunjungi.

Gunung Banyak (rumahku dibawahnya hehe )



Gunung Banyak, adalah salah satu gunung yang terletak di Desa Songgokerto, Batu. Gunung ini menjadi tujuan wisata yang istimewa karena dijadikan sebagai ajar olah raga paralayang baik oleh atlet paralayang ataupun turis yang ingin menguji adrenalin mereka sembari menikmati indahnya Kota Batu.
Gunung Banyak, dengan tinggi 1300 Meter dpl ini terletak di perbatasan Kota Batu dan Kabupaten Malang. Ribuan pijar lampu kota yang berwarna-warni akan menjadi sajian keindahan pada malam hari saat mengunjungi puncak gunung Banyak.

Gunung Panderman

Satu lagi gunung yang berada di kota Batu, Gunung Panderman. Gunung ini terkenal juga di negeri Belanda, karena nama Panderman diambil dari nama seorang Belanda Van Der Man, yang mengagumi keindahan gunung tersebut pada masanya.
Gunung Panderman memiliki tinggi 2000 meter dari permukaan laut. Bagi mereka yang suka akan tantangan dan kegiatan di luar ruangan, dibutuhkan waktu 3 jam untuk mendaki puncak gunung tersebut, dan bisa diakses melaui kota Batu.
Pos pemberhentian pertama saat akan menuju ke Gunung Panderman adalah kawasan Latar Ombo, yaitu sebuah kawasan untuk bumi perkemahan. Pos pemberhentian kedua setelah Latar Ombo adalah kawasan Watu Gede. Dinamakan Watu Gede karena terdapat sebuah Batu Besar di kawasan ini, dan pengunjung bisa menikmati suasana yang sejuk dan pemandangan yang indah kota Malang dan Batu.
Coban Talun
Coban Talun adalah salah satu air terjun di Batu. Terletak di Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Batu, Coban Talun biasa dikunjungi oleh mereka yang suka akan olah raga luar ruangan seperti outbound, camping atau hanya sekedar ingin menikmati sejuk dan indahnya air terjun.

Coban Rais
Coban Rais terletak di dusun Dresel, desa Oro oro Ombo, Batu. Coban Rais memiliki tinggi 20 Meter dan terletak di ketinggian sekitar 1025 meter dari permukaan laut di lereng Gunung Panderman. Dulunya, coban Rais terkenal dengan nama Coban Sabrangan karena harus menyebrangi 14 sungai saat harus mencapai air terjun ini.
Perjalanan menuju ke Coban Rais begitu asri dengan suasana khas pegunungan yang masih dingin dan sejuk. Jarak dari bumi perkemahan sekitar 3,5 Km berjalan kaki. Suasannya sekitar air terjun masih sepi dan belum ada perumahan. Pada beberapa meter perjalanan, jalan yang di tempuh akan semakin menyempit dan menanjak, bahkan di beberap area berbatasan langsung dengan tebing yang curam.
Untuk mereka yang suka tantangan diharapkan untuk tetap berhati-hati, karena setelah sampai ke puncak air terjun pengalaman berharga akan membayar semua peluh dalam perjalanan.

Bumi Perkemahan

Bumi Perkemahan Brantas
Kawasan perkemahan yang satu ini memiliki suasana yang sejuk khas kota Batu, dengan lingkungan yang bersih dan nyaman dikunjungi.

Bumi Perkemahan Raden Suryo
Kawasan ini terletak di dusun Sumberbrantas, desa Tulungrejo, kecamatan Bumiaji. Bumi perkemahan ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung seperti tempat parkir yang luas dan aman, pos penjagaan, dan beberapa kios.
Kawasan perkemahan Raden Suryo, selain cocok digunakan sebagai bumi perkemahan, juga cocok digunakan sebagai tempat penelitian tumbuhan dan perikanan.


Desa Wisata
Kota Batu menyimpan banyak keindahan. Selain wisata alamnya, beberapa desa di Batu juga menjadi daya tarik kunjungan bagi banyak wisatawan. Beberapa diantaranya adalah: 

Desa perkebunan apel
Desa wisata ini terletak di desa Sidomulyo. Desa ini menawarkan satu perkebunan yang luas dan pohon apel sebagai menu utama perkebunannya. Para pengunjung bisa memetik langsung buah apel langsung dari pohonnya atau untuk di bawa pulang sebagai oleh-oleh.
Sebagai sarana pendukung, di desa ini juga di sediakan penginapan atau guess house untuk wisatawan yang ingin menginap. Keramahan penduduk desa Sidomulya menjadi satu nilai tambahan bagi wisata desa ini.

Desa perkebunan Sayur-mayur
Desa wisata ini terletak di dua tempat, yaitu di desa Pandanrejo dan desa Tulungrejo kecamatan Bumiaji serta desa Sumberejo kecamatan Batu (That's my home ^_^). Di sini, para pengunjung bisa mendapat sayuran yang masih segar dan sehat langsung dari kebunnya. Jenis sayuran sangat beragam seperti, brokoli, kailan, kubis, wortel, dan banyak lagi.

Desa Bunga
Masih di desa Pandarejo, kecamatan Bumiaji, terdapat desa bunga. Desa ini menyimpan beranega ragam tanaman hias khas kota Batu. Kerajinan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar